Mengulik Tujuan Dan Tahapan Dalam Pemindahan Data SAP

Posted in Bisnis on October 20, 2021

Baru baru ini, yaitu di tahun 2018 ERP sudah mengumumkan bahwa setiap perusahaan yang menggunakan SAP nya harus memindahkan data atau migrasi ke S/4HANA di tahun 2025. Menyikapi hal tersebut, mulai banyak orang yang mencari informasi tentang SAP data migration. Di kesempatan kali, yuk cari tahu tujuan dan tahapannya di sini!

 

Apa Tujuan Pemindah Data SAP?

Sebagian dari anda mungkin bertanya tanya apa tujuan dari pemindahan data dari SAP ERP ke S/4HANA. Aktivitas tersebut dibutuhkan karena menyangkut kompatibilitas data rimana S/4HANA nantinya beroperasi menggunakan database SAP HANA. Oleh karena itu, seluruh pengguna SAP perlu melakukan migrasi atau pemindahan data.

Sejauh ini, sudah ada 75 persen perusahaan di dunia yang memercayakan datanya pada SAP. Namun sayangnya, migrasi data tetap harus dijalankan. Dengan begitu, perusahaan terkait tetap dapat melaksanakan bisnisnya dengan lebih optimal mengingat SAP nya dapat beroperasi tanpa kendala. Tidak heran jika pemindahan data sangat disarankan.

Baca Tahapan Migrasi data : https://www.soltius.co.id/blog/sap-data-migration-stages-to-sap-s-4hana-soltius

Tahapan Pemindahan Data

Setidaknya terdapat empat tahapan penting dalam pemindahan data SAP. Tahapan pertamanya adalah mengumpulkan data terkait dengan SAP itu sendiri. Anda harus mengelompokkan jenis jenis beban kerja dari SAP untuk di transfer. Adapun jenis jenis data yang dimaksud dalam Sap data migration adalah mulai dari sistem non produksi hingga produksi yang kompleks.

Aktivitas tersebut juga mencakup kegiatan konfigurasi keamanan aplikasi, firewell, konektivitas SAP TCP/IP, dan lain sebagainya. Kemudian langkah keduanya adalah berkaitan dengan desain cloud hibrida. Langkah ini penting karena menjadi bagian input pertama ke lingkungan cloud yang telah dirancang dan disiapkan sesuai dengan beban kerja.

Administrator SAP harus memiliki kemampuan untuk menentukan model operasional di dalam cloud hybrid. Aktivitas yang terlibat di dalamnya adalah pemantauan database, pemulihan bencana, runbook,dan lain sebagainya. Diperlukan orang yang ahli dalam hal ini, agar tidak terjadi kekeliruan. Tidak heran jika kemudian bantuan pihak ketiga sangat dibutuhkan.

Sejauh ini, Soltius masih menjadi salah satu penyedia layanan yang berkaitan dengan SAP. Anda dapat meminta bantuan mereka untuk melakukan migrasi. Mereka pun dapat membantu anda untuk melakukan langkah ketiga yaitu mengembangkan rencana migrasi beban kerja sesuai dengan prioritasnya ke database.

Sap data migration akan segera selesai jika anda sudah melakukan pengoperasian lingkungan hibrida untuk memastikan bahwa operasi sudah tuntas dan sukses. Langkah akhir ini sifatnya penting, agar tidak ada data yang bermasalah. Jika tahapan ini aman, maka rangkaian pemindahan data tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Demikianlah sekilas informasi terkait dengan pemindahan data yang perlu anda ketahui. informasi lengkap tentangnya dapat anda temukan pula di website resmi Soltius. Anda pun dapat menggunakan jasa mereka. Setiap keperluan perusahaan anda yang berkaitan dengan SAP dijamin beres dan tuntas tanpa masalah.

Informasi SAP data Migration : https://www.soltius.co.id/id/special-offer/read/sol-move4hana

 

0

Comments are closed.