Materi Algoritma pemrograman

Posted on

Algoritma Pemrograman

Dalam dunia pemrograman, memeriksa algoritma adalah penting. Karena algoritma adalah dasar untuk menyelesaikan masalah. Jadi apa uraiannya? Algoritma pemrograman adalah langkah-langkah logis langkah demi langkah untuk menyelesaikan masalah. Ini menekankan urutan logis dari langkah-langkah, yang berarti bahwa algoritma harus mengikuti urutan tertentu dan langkah-langkah ini tidak boleh dilewati. Pemahaman lain tentang algoritma adalah urutan langkah-langkah logis dalam menyelesaikan masalah yang diatur secara sistematis.

Asal usul kata algoritma itu sendiri berasal dari nama Abu Ja’far Mohammed Ibn Mus al-Khowarizmi, seorang ilmuwan Persia yang menulis sebuah buku berjudul “Al Jabr W’Al-Muqabala” (Aturan Pemulihan dan Pengurangan), yang diterbitkan pada 825 M. Algoritma ini mencatat arus ide ketika menyelesaikan suatu masalah secara tertulis, hal pertama yang harus ditekankan adalah aliran ide sehingga algoritmanya juga bisa tidak sama dengan  algoritma orang lain, sedangkan untuk penekanan kedua  ditulis, yang artinya aliran tersebut bisa dalam bentuk gambar,kalimat atau meja tertentu.

Algoritma Pemrograman
Algoritma Pemrograman

Karakteristik Algoritma Pemrograman

Algoritma pemrograman juga memiliki sejumlah fungsi penting, sehingga dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah, termasuk:

  • Algoritma harus berhenti setelah beberapa langkah
  • Setiap langkah harus didefinisikan secara tepat dan tidak ambigu
  • Algoritma ini berisi nol atau lebih item.
  • Algoritma memiliki nol atau lebih banyak keluaran.
  • Algoritma harus efisien. Ini berarti bahwa setiap langkah tertulis harus sederhana sehingga dapat dilakukan dalam waktu yang singkat dan masuk akal.

Di bidang komputer, fungsi algoritmik khususnya diperlukan untuk menyelesaikan suatu masalah pada kasus pemrograman, yang utama di bidang pemrosesan data numerik. Tanpa algoritma yang dirancang dengan baik, proses pemrograman tidak benar, terganggu, lambat dan tidak efisien. Langkah-langkah dalam algoritma ini berlaku untuk sistem komputer.

Baca Juga :  Cara Mematikan Windows Defender

Agar orang dan komputer dapat berkomunikasi, orang memberikan perintah komputer dalam bentuk serangkaian instruksi, yang kemudian dikumpulkan dalam suatu program. Saat pemecahan masalah, komputer Anda harus mengikuti serangkaian langkah untuk menyelesaikan masalah. Kumpulan instruksi yang dimengerti komputer ini disebut program.

Bahasa Pemrograman

Untuk menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa komputer, kita membutuhkan alat untuk menghubungkan komunikasi di antara mereka. Alat yang digunakan adalah bahasa pemrograman. Setiap algoritma pemrograman memiliki levelnya sendiri, tergantung pada bagaimana orang dapat menerapkan bahasa sebagai pengguna secara langsung. Tingkat bahasa pemrograman dapat dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:

  • Bahasa tingkat tinggi. Misalnya: Pascal, C, Java, PHP, ASP
  • Bahasa sedang. Misalnya: perakitan
  • Bahasa tingkat rendah. Misalnya : Kode mesin.
    Cara Anda memasukkan instruksi berbeda dari bahasa pemrograman yang berbeda. Namun, mereka semua berusaha untuk hasil yang sama. Program yang ditulis dalam bahasa pemrograman dikonversi ke bahasa mesin menggunakan kompiler. Metode berikut mengonversi bahasa pemrograman ke bahasa mesin selama pemrograman:
  • Seorang juru bahasa yang menerjemahkan instruksi baris demi baris. Metode ini menggunakan bahasa dasar.
  • Kompiler, yaitu Diterjemahkan setelah menulis semua instruksi. Pascal dan C adalah contoh bahasa pemrograman yang menggunakan metode kompilasi ini.

Algoritma penulisan

Di sini kita menulis algoritma 3-bagian yang meliputi:

  • Nama algoritma: bagian yang terdiri dari nama algoritma bersama dengan penjelasan (spesifikasi) dari algoritma. Kami menyarankan agar nama tersebut singkat dan menjelaskan apa yang dilakukan algoritma.
  • Penjelasan: Bagian ini mendefinisikan semua nama yang digunakan dalam program. Ada berbagai nama, tipe, variabel, prosedur dan fungsi.
  • Deskripsi: Bagian ini menjelaskan langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah yang akan ditulis menggunakan notasi yang dijelaskan di bawah ini.
Baca Juga :  Cara Menggunakan VPN di PC

Kita dapat memilih bahasa pemrograman yang kita inginkan dan kuasai. Tetapi tentu saja tidak semua bahasa pemrograman sesuai dengan masalah saat ini dan kita perlu mencari tahu mana yang cocok dan memenuhi kebutuhan kita. Mungkin ini adalah satu-satunya artikel yang kita diskusikan tentang deskripsi algoritma pemrograman. Kami berharap artikel kami akan membantu Anda dan tentu saja membantu Anda.

Baca Juga Artikel Lainnya :