Hal Penting Yang Harus Diketahui Sebelum Operasi Bypass Jantung

Posted in Review on August 23, 2021

Menangani jantung koroner dapat dilakukan dengan banyak cara, misalnya saja penggunaan obat, pemasangan ring, dan bypass jantung. Namun prosedur berupa bypass akan diambil jika kondisi pembuluh darah sudah sangat buruk. Akan tetapi, terdapat 3 hal yang harus diketahui sebelum mengambil operasi bypass jantung. Apakah itu? Berikut ulasannya

 

Peringatan Sebelum Menjalani Operasi Bypass

Hal Penting Yang Harus Diketahui Sebelum Operasi Bypass Jantung

Operasi bypass khususnya di area jantung bukanlah operasi yang mudah. Dokter bisa mengambil 5 hingga 6 jam di dalam ruang operasi untuk mengembalikan jantung pasiennya. Oleh karena itu, diperlukan persiapan yang matang dan penuh dengan pertimbangan. Tidak heran jika pada akhirnya pasien selalu diminta menjalani berbagai test terlebih dahulu.

Terdapat beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum mengambil operasi bypass. Yang pertama adalah, operasi ini cukup berbahaya bagi lansia, terutama bagi mereka yang usianya lebih dari 85 tahun. Hal tersebut perlu diperhatikan karena kondisi mereka sudah sangat lemah untuk melakukan operasi semacam ini. Selain itu, kemungkinan penyakit lain juga sangat banyak.

Kondisi kedua yang juga perlu diingat adalah operasi bypass tidak disarankan untuk pasien penyakit jantung yang beresiko tinggi mengalami serangan jantung. Dokter akan menilai apakah anda memiliki resiko tersebut atau tidak. Akan sangat berbahaya jika tiba tiba jantung mengalami serangan saat kemampuan kerjanya belum optimal.

Selain itu, resiko menjalani operasi bypass jantung juga sangat besar pada orang yang pernah mengalami serangan jantung dan pernah menjalani radioterapi di area dada. Oleh karena itu, pasien harus selalu jujur pada dokter dan tidak boleh menutupi riwayat kesehatannya. Informasi pula apakah anda menderita diabetes atau gagal ginjal atau tidak.

Terkadang hal hal yang menurut anda tidak penting adalah informasi dasar yang diperlukan oleh dokter untuk mengambil langkah. Entah itu informasi yang berpengaruh pada prosedur ini atau tidak, ceritakan saja semuanya. Nantinya dokterlah yang akan mencocokkan cerita anda dengan hasil tes kesehatan yang telah dilakukan.

 

Evaluasi Kesehatan

Resiko resiko yang telah disebutkan tadi sebisa mungkin akan dikendalikan oleh tim medis. Mungkin saja anda masih bis amelakukan tahapan lain yang lebih aman selain bypass jantung. Namun jika bypass adalah jalan terakhir, maka dokter akan mempersiapkan segala kemungkinannya dengan baik.

Bagi anda yang memiliki kebiasaan buruk seperti merokok, minum minuman keras, atau bergadang maka lebih baik segera dihentikan. Kondisi tersebut dapat memperburuk kesehatan jantung sehingga akan meningkatkan resiko buruk selama operasi bypass jantung. Bahkan dampaknya juga akan memperlambat proses penyembuhan.

Berdasarkan informasi tadi, dapat diketahui jika bypass jantung adalah salah satu operasi besar yang perlu dipertimbangkan dengan matang. Oleh karena itu, anda perlu memilih rumah sakit jantung yang sudah terbukti berpengalaman melakukan tindakan tersebut. Salah satu rumah sakit jantung yang selalu masuk dalam rekomendasi adalah Heartology Cardiovascular Center.

0

Comments are closed.