Cara Root Hp Android

Posted on

Cara Root Hp Android

Mastekno.co.id – Buat sahabat Tekno yang menggunakan gadget android pasti sudah tidak asing dengan istilah rooting. Mungkin juga masih ada yang belum tau apa itu rooting. Secara bahasa root merupakan bahasa inggris yang artinya akar. Pada sistem operasi Android, root HP ini berarti fitur bagi pengguna untuk mendapatkan kendali dan akses penuh terhadap Hp/tablet/perangkat android lainnya.

Kenapa bisa begitu ya?

Pada dasarnya, OS android ini menggunakan basis Linux yang memiliki sifat open source. Karena open source ini berarti pengguna memiliki kebebasan untuk melakukan modifikasi pada OS tersebut. Artinya sahabat Tekno juga bisa melakukan hal apapun yang sahabat Tekno mau terhadap sistem operasi HP android yang sahabat Tekno punya setelah melakukan rooting.

Secara umum cara melakukan root ini ada dua cara yaitu dengan menggunakan PC atau tanpa PC. Buat sahabat Tekno yang tidak mempunyai PC maka perlu bantuan software. Berikut ini mas Tekno akan jelaskan software apa saja yang bisa digunakan dan bagaimana cara menggunakannya. Simak baik-baik penjelasan berikut ini ya.

Begini Cara Root HP Android

Pertama kamu bisa menggunakan software Kingroot. Bisa dibilang aplikasi ini merupakan aplikasi terbaik untuk rooting karena aplikasi ini sudah mendukung lebih dari 100 ribuan tipe HP.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan tentunya adalah download dan install aplikasi Kingroot.
  2. Langkah selanjutnya setelah kamu berhasil menginstall aplikasi Kingroot adalah buka aplikasi tersebut dan tap tombol yang tersedia dan tunggu pemberitahuan apakah metode eksekusi root bisa dilakukan atau tidak pada HP android sahabat Tekno.
  3. Terakhir apabila menurut si Kingroot ini HP mu bisa di root maka proses root akan langsung dilakukan oleh Kingroot. Gampang banget kan caranya?
Baca Juga :  Cara Upgrade Versi Android - Lengkap Dengan Gambarnya

 

Kedua sahabat Tekno bisa memakai aplikasi Frameroot. Kalau ternyata setelah kamu gunakan aplikasi Kingroot gagal jangan putus asa dulu guys kamu bisa coba aplikasi Frameroot. Fungsi dari Frameroot sendiri tidak berbeda dengan Kingroot, kamu bisa melakukan rooting hanya dengan sekali tap.

  1. Langkah pertama adalah silahkan download dan install terlebih dahulu aplikasi Frameroot.
  2. Kemudian buka aplikasi Framaroot yang terlah berhasil kamu install sebelumnya dan pilih salah satu dari Install Superuser atau SuperSu. Pilihan manapun yang sahabat Tekno pilih sebenarnya memiliki fungsi yang sama jadi jangan galau ya.
  3. Langkah berikutnya adalah kamu tinggal pilih mau menggunakan metode Aragorn atau Gandalf. Mas Tekno lebih sarankan gunakan metode Gandalf saja ya. Setelah itu tinggal tunggu prosesnya hingga nanti muncul notifikasi untuk merestart HP mu. Restart HP android mu dan proses rooting menggunakan Framaroot selesai.

Rooting HP android yang menggunakan chipset Mediatek umumnya lebih berhasil jika menggunakan aplikasi Framaroot ini.

 

Terakhir ada aplikasi bernama Kingoroot yang juga bisa sahabat Tekno gunakan untuk rooting HP android. Bila kamu masih gagal juga melakukan rooting menggunakan Framaroot kamu bisa coba menggunakan aplikasi Kingoroot. Caranya mirip-mirip dengan cara menggunakan dua aplikasi sebelumnya.

  1. Langkah pertama yang perlu sahabat Tekno perlu lakukan pastinya download dan install aplikasi Kingoroot terlebih dahulu ya.
  2. Setelah selesai melakukan proses install, sahabat Tekno tinggal buka aplikasi nya kemudian tap One Click Root dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  3. Terakhir apabila proses tadi sudah selesai, maka secara otomatis perangkat mu akan diroot dan sahabat Tekno bisa melakukan customisasi.

 

Selain cara di atas apabila kamu sebuah PC di rumah maka bisa sahabat Tekno gunakan untuk melakukan rooting nih. Salah satu caranya adalah dengan mengaktifkan USB Debugging. USB Debugging ini memiliki fungsi untuk membangun jembatan penghubung antara PC dengan HP android mu.

  1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah pergi ke menu Settings dan pilih opsi About Phone dan pilih pilihan Build Number dan tap berkali-kali hingga ada notifikasi “You are now a developer”.
  2. Selanjutnya kembali ke menu Settings dan masuk ke menu Developer Option, dan cari pilihan USB Debugging. Terakhir, kembali ke menu Settings dan cari pengaturan Security, kemudian aktifkan pengaturan Unknown Source.
  3. Setelah kamu melakukan rooting kamu harus berhati-hati juga ya karena android yang telah diroot akan rawan terkena virus karena kita mematikan sistem keamanannya juga.
Baca Juga :  Cara Menghentikan Paket - Telkomsel, Indosat, Tree, Axis, Smartfreen

 

Sekian dulu artikel dari Mas Tekno kali ini semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada pembahasan bermanfaat berikutnya ya.

Artikel Lainnya :