Cara Menghapus Virus di Android

Posted on

Cara Menghapus Virus di Android

Cara Menghapus Virus di Android – Sama halnya dengan laptop, android pun juga rentan terhadap virus loh. Perangkat pintar yang dapat digunakan untuk melakukan banyak hal, maka jangan heran jika smartphone juga dapat terkena virus.

Nah, jika android kamu terkena virus maka tak perlu khawatir ya, karena Mas Tekno sudah memberikan cara menghapus virus di bawah ini.

Cara Menghapus Virus di Android

  1. Kaspersky Mobile Antivirus

Cara menghapus virus di android yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi penghapus virus, ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk menghapus virus namun di sini Mas Tekno memberikan rekomendasi untuk menggunakan Kaspersky Mobile Antivirus.

Aplikasi ini memiliki fitur yang di antaranya memiliki pemeriksaan latar belakang yaitu memindai virus dan proteksi antivirus. Selain itu ada juga pengunci aplikasi, melacak dan menemukan ponsel yang hilang hingga melindungi informasi pribadi yang rentan dari pengintai.

Berikut cara menggunakan aplikasi ini :

  • Langkah pertama adalah dengan mendownload dan menginstall Kaspersky Mobile Antivirus.
  • Kemudian buka aplikasinya dan tap Scan kemudian tunggu proses pemindaian selesai.

 

  1. Safe Mode

Jika cara pertama harus menggunakan aplikasi, nah cara ini bisa digunakan bagi kamu yang tidak suka menggunakan aplikasi untuk menghapus virus.

Berikut ini adalah cara menggunakannya :

  1. Pertama masuk ke safe mode dengan menekan tombol power dan volume secara bersamaan.
  2. Pada saat masuk ke safe mode semua aplikasi yang kamu install akan hilang sementara dikarenakan hanya menjalankan aplikasi inti yang dibawa oleh sistem, yang memudahkan kamu untuk mengecek atau membersihkan file file yang tidak penting contohnya seperti file cache dan menghapus virus android.
  3. Kemudian cek aplikasi yang sudah terinstal pada android kamu dengan cara masuk ke setting > Apps > pilih tab downloaded.
  4. Sistem akan menghilangkan semua daftar aplikasi pihak ketiga di safe mode namun dikarenakan virus termasuk ke dalam sistem.
  5. Kemudian virus akan terlihat sebagai aplikasi pihak ketiga akan tetapi bisa menjalankan fungsi sistem sehingga apabila android kamu terserang virus maka akan muncul aplikasi asing yang tidak pernah kamu install sebelumnya.
  6. Nah, jika kamu menemukan aplikasi yang mencurigakan maka segeralah menghapus aplikasi tersebut dengan memilih aplikasi tersebut kemudian pilih opsi uninstall.
  7. Akan tetapi ada beberapa kasus dimana aplikasi tersebut tidak dapat dihapus atau diuninstall dikarenaka aplikasi tersebut sudah memberikan akse administrator.
  8. Jika sudah begini kamu harus menghapus aksesnya terlebih dulu dengan cara masuk ke Setting > Security > Device administrator.
  9. Selanjutnya hilangkan akses administrator aplikasi mencurigakan tersebut, sehingga kamu bisa menghapus aplikasi mencurigakan tersebut.
  10. Kemudian proses penghapusan selsai, kamu bisa keluar dari Safe Mode dan lakukan Restart.
Baca Juga :  Cara Download Versi Android Terbaru

 

  1. Factory Reset

Apabila cara menghapus virus di android yang di atas tidak berhasil maka kamu bisa menggunakan cara lain yakni dengan melakukan Factory Reset.

Factory Reset atau reset ulang adalah jalan untuk mengembalikan sistem hp android seperti pada bawaan pabrik.

Factory reset biasanya dilakukan untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan sistem perangkat lunak seperti bootloop, lupa kode pin, atau salah satu nya menghapus atau menghilangkan virus.

Namun dengan melakukan cara ini akan mengakibatkan semua data hilang maka sebelum melakukan cara ini sebaiknya kamu melakukan backup data terlebih dahulu.

 

Terdapat beberapa metode yang dapat kamu lakukan untuk mereset hp android kamu misalnya melalui cara setelan hp (soft reset), menggunakan dial khusus dan juga melalui dial khusus dan juga melalui mode recovery (hard reset).

Berikut ini adalah caranya :

Soft Reset

Berikut ini adalah cara melakukan soft reset :

  1. Pertama buka menu Setelan (Setting) kemudian pilih Buat Cadangan & Setel Ulang (Backup & Reset).
  2. Selanjutnya pilih kembalikan ke sistem pabrik (Factory reset), lalu nantinya akan muncul konfirmasi, pilih apa saja yang ingin kamu reset lalu masukkan pin atau pola atau password hp android kamu.
  3. Tunggu saja proses reset yang biasanya memakan waktu 3 hingga 10 menit setelah selesai maka hp android kamu akan otomatis restart dan selesai.

 

Dial khusus

Cara reset hp android yang berikutnya adalah melalui Dial yang caranya cukup mudah, caranya adalah dengan melakukan dial ke *2767*3855#.

 

Hard Reset atau Wipe Data

Berikut ini adalah cara untuk melakukan hard reset atau wipe data :

  1. Pertama tekan dan tahan secara bersamaan tombol on – off dan tombol volume, biasanya setiap smartphone mempunyai tombol yang berbeda beda, ada tombol on – off dan volume up + volume down atau juga bisa menggunakan tombol on – off dan volume down. Tapi ada juga yang menggunakan tombol on – off dan volume up + home, tergantung dari hp android yang kamu gunakan. Hingga akhirnya muncul menu recovery.
  2. Kemudian masuk ke menu recovery pilih wipe data atau factory, tunggu saja hingga proses selesai lalu android kamu akan secara otomatis memulai ulang.
Baca Juga :  Cara Menyambungkan Hotspot

 

Nah, itulah beberapa cara menghapus virus di android yang dapat kamu lakukan, semoga membantu kamu ya!