Cara Menggunakan VPN di PC

Posted on

Cara Menggunakan VPN di PC

Mastekno.co.id – Welcome sahabat Tekno, semoga gak bosen buat mampir di artikelnya Mas Tekno ya. Buat sahabat Tekno yang aktif di sosmed pernah gak kalian mengalami akun sosmed kalian dihack? Baik akun facebook, twitter, instagram dan lain-lain memang rawan sekali untuk dihack. Apalagi buat sahabat Tekno yang sering numpang wifi di cafe atau bandara harus lebih hati-hati ya.

Karena akhir-akhir ini memang sedang marak pencurian data dari sambungan wifi di tempat umum. Tapi kalian gak perlu khawatir, bukan mas Tekno namanya kalo gak ngasih solusi soal teknologi. Terus gimana caranya ya untuk menghindari kejadian pencurian data tersebut?? Ya pake VPN dong.

Yaps VPN ini merupakan salah satu cara untuk menyembunyikan data-data kita saat kita sedang asik menjelajahi dunia maya. Virtual Private Network atau biasa disebut VPN adalah sebuah teknologi komunikasi yang memungkinkan perangkat kita terhubung ke jaringan publik menggunakan jaringan lokal dari server yang sudah ditentukan.

Penggunaan VPN ini bukan Cuma bermanfaat untuk menyembunyikan data-data kita saat mengakses internet, tapi juga bisa kita gunakan untuk menembus sebuah situs yang akses nya dibatasi sebut saja youtube red yang akses nya dibatasi di Indonesia. Kali ini mas Tekno akan menjelaskan bagaimana cara untuk menggunakan VPN di PC kalian baik dengan menggunakan software ataupun software.

Cara Menggunkan VPN di PC

Apabila kita ingin menggunakan VPN pada PC kita maka hal yang pertama kali perlu dilakukan adalah dengan membuat akun VPN.

  1. Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah dengan mengunjungi situs tcpvpn.com kemudian scroll ke bawah dan pilih server yang kamu inginkan. Server ini bisa berlokasi di Asia, Eropa atau Amerika tapi mas Tekno sarankan cukup gunakan server Asia agar kecepatan internet kita tetap maksimal.
  2. Setelah itu akan muncul pilihan negara di Asia yang bisa kamu pilih. Sahabat Tekno bisa memilih Singapore atau Malaysia. Selanjutnya, ada beberapa pilihan server beserta deskripsinya. Sahabat Tekno bisa pilih server manapun, kemudian klik “create username and password” dan silahkan buat username dan password yang diinginkan.
  3. Setelah beberapa saat, maka kita akan mendapatkan informasi mengenai akun VPN yang baru saja kita buat. Disimpan baik-baik informasi ini karena hal ini sangat penting untuk menggunakan VPN di PC.
Baca Juga :  Cara Transfer Pulsa Sesama Telkomsel

 

Sekarang sahabat Tekno sudah memiliki akun VPN dan sekarang Mas Tekno akan menjelaskan bagaimana cara menggunakannya di windows 10. Bagi sahabat Tekno yang menggunakan Mac OS akan dijelaskan setelah ini.

  1. Langkah pertama adalah silahkan masuk ke menu settings lalu pilih menu Network dan Internet. Kemudian pilih menu VPN dan klik add a VPN connection.
  2. Pada menu ini kita akan menambahkan koneksi vpn memakai akun yang baru saja kita buat. Pada kolom VPN provider diisi dengan Built in (Windows) dan pada kolom Connection name diisi dengan username VPN kita.
  3. Kolom Server name diisi dengan IP address yang terdaftar pada akun VPN yang telah kita buat taddi. Selanjutnya, kolom VPN type diisi dengan PPTP, dan kolom lainnya diisi sesuai dengan data VPN kita lainnya.
  4. Kemudian setelah selesai akan muncul koneksi VPN baru dengan username milik kita, klik VPN tersebut dan pilih connect. Setelah terhubung jendela Windows Security akan muncul dan meminta kita untuk mengisi username dan password.
  5. Setelah diisi, klik OK dan tunggu, maka PC kita sekarang sudah terkoneksi dengan VPN.

 

Bagaimana jika menggunakan Mac OS?

  1. Langkah pertama adalah buka System Preferences dan pilih menu Network, klik icon +.
  2. Pada bagian interface pilih VPN, VPN type pilih PPTP atau L2TP dan service name diisi sesuai nama jaringan yang diinginkan.
  3. Pada jendela popup Name, masukkan nama yang diinginkan lalu pilih Create. Pada jendela VPN, silahkan masukkan alamat domain/IP server dan account name dengan data akun VPN yang telah kita buat. Setelah itu pilih Authentication Settings…. dan lengkapi dengan password VPN kita, lalu pilih OK.
  4. Kembali ke menu desktop dan buka menu tolbar icon network dan pilih jaringan VPN yang telah kita buat tadi dan PC kita akan terhubung ke VPN.
Baca Juga :  Cara Mempercepat Android

Selain cara di atas kita juga bisa menggunakan software Psiphon. Caranya kita cukup install aplikasi Psiphon, setelah itu buka aplikasinya dan pilih server yang ingin digunakan dan klik connect. Tunggu beberapa saat hingga sukses terhubung dan kita akan diarahkan ke website Psiphon.

 

Sekian untuk artikel kali ini, semoga sahabat Tekno menggunakan VPN dengan bijak ya. Sampai jumpa lagi dengan mas Tekno di artikel selanjutnya.

Artikel Lainnya :