Cara Mematikan Windows Defender

Posted on

Cara Mematikan Windows Defender

Cara Mematikan Windows Defender – Pada saat kamu hendak menginstall sebuah aplikasi di PC atau Laptop, kadangkala aplikasi tersebut dicekal oleh antivirus Wondow Defender sehingga membuat kamu tidak dapat menginstallnya.

Tapi bukan berarti tidak bisa ya, karena sebenarnya ada saja cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya. Salah satunya adalah dengan mematikan atau menonaktifkan Windows Defender security center secara sementara maupun permanen.

Apa Itu Windows Defender?

Windows Defender sendiri merupakan sebuah aplikasi antivirus yang terdapat pada Windows 7, Windows 8, dan juga Windows 10. Aplikasi ini memang dinilai sangat ampuh dalam melindungi PC mau pun Laptop kamu dari berbagai macam ancaman virus dan akses terhadap file privasi sehingga tak jarang pada saat kamu menginstal sebuah aplikasi tertentu Windows Defender akan melakukan pemblokiran pada installer aplikasi tersebut.

Windows Defender sangatlah ampuh dalam melindungi komputer kita dari berbagai ancaman virus dan juga akses terhadap file privasi. Sehingga tidak jarang disaat kita menginstal sebuah aplikasi tertentu Windows Defender melakukan pemblokiran terhadap installer aplikasi tersebut.

Maka kamu harus mematikan aplikasi ini sementara atau secara permanen untuk dapat menginstall aplikasi yang kamu inginkan.

Apakah bahaya? Bisa dibilang tidak terlalu bahaya mengingat sekarang ini sudah banyak aplikasi antivirus lain yang dapat kamu gunakan maka kamu bisa menghapus aplikasi Windows Defender ini secara permanen.

Namun pada pengguna Windows 8.1 atau pun Windows 10, kamu tak akan dapat menghapus aplikasi ini karena palikasi ini merupakan aplikasi bawaan, sehingga yang kamu lakukan hanyalah dapat menonaktifkannya sementara saja. Sedangkan bagi kamu pengguna Windows 7 dan 8 kamu dapat menonaktifkannya atau pun menghapusnya secara permanen.

Baca Juga :  Cara Mematikan Update Windows 10

Cara Mematikan Windows Defender

  1. Mematikan Windows Defender Sementara Pada Windows 8.1 & 10

Bagi pengguna Windows 8.1 dan 10 kamu hanya dapat menonaktifkan aplikasi ini sementara saja pada saat kamu ingin menginstall aplikasi yang dicekal oleh Windows Defender.

Berikut ini caranya :

  1. Pertama jalankan aplikasi Windows Defender, caranya adalah dengan klik tombol Windows kemudian ketik Windows Defender.
  2. Lalu buka menu Virus & threat protection jika aplikasinya sudah berjalan.
  3. Klik pilihan Virus & threat protection setting.
  4. Maka akan muncul menu Virus & Threat Protection Setting, matikan saja seluruh proteksi yang ada di menu tersebut contohnya seperti Real-Time Protection dan juga Cloud-delivered Protection dengan cara mengklik pada toggle tersebut sehingga posisi toggle tersebut akan dapat berubah menjadi off.
  5. Dan aplikasi ini pun akan nonaktif atau tidak dapat berjalan lagi.

 

Bagi kamu yang ingin menghidupkannya kembali kamu bisa membuka Windows Defender kemudian masuk ke menu Virus & Protection Setting selanjutnya ubah toggle tersebut ke posisi ON.

 

  1. Melalui Registry Editor

Cara satu ini memang terbilang cukup sulit namun cukup ampuh digunakan untuk mematikan Windows Defender secara permanen.

Berikut ini adalah caranya :

  1. Pertama buka Registry Editor atau regedit dengan cara membuka aplikasi Run dengan menekan Ctrl+R secara bersamaan, lalu ketik regedit kemudian klik OK atau tekan Enter pada keyboard kamu.
  2. Setelah aplikasi Registry Editor muncul kemudian klik HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM > CurrentControlSet > Services > SecurityHealthService.
  3. Lanjutkan klik 2 kali pada pilihan Start di jendela bagian kanan, kemudian ganti Value data menjadi 4 dan pastikan opsi base berada pada Hexadecimal, lalu klik OK.
  4. Restart Laptop agar proses mematikan Windows Defender secara permanen berhasil.
Baca Juga :  Cara Menggunakan WhatsApp Web

 

  1. Melalui Services

Selain menggunakan cara di atas untuk mematikan Windows Defender secara permanen kamu bisa menggunakan cara yang ada di bawah ini :

  1. Bukan Run dengan cara menekan tombol Ctrl+R secara bersamaan kemudian klik service.msc lanjutkan dengan tekan Enter atau klik OK untuk menjalankan services.
  2. Jika service telah terbuka maka cari saja Windows Defender kemudian klik 2 kali atau klik kanan dan pilih properties.
  3. Lanjutkan dengan tab general ubah Startup type menjadi Disable kemudian klik apply dan tekan OK, maka nantinya Windows Defender akan berhenti secara permanen.

 

Jadi bagaimana tutorial tentang cara mematikan Windows Defender dari Mas Tekno di atas? Apakah sudah cukup jelas? Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Artikel Lainnya :