5 Persiapan Sebelum Membawa Si Kecil Ke Klinik Spesialis Anak

Posted in Review on January 26, 2021

Membawa si kecil ke klinik spesialis anak terpercaya merupakan hal yang perlu dilakukan secara rutin meski mereka tidak mengeluhkan sakit sedikitpun. Sayangnya hal ini justru menjadi mimpi buruk bagi si kecil yang tidak suka bertemu dengan dokter anak. Berikut beberapa persiapan sebelum berkunjung ke dokter anak agar si kecil memahaminya.

 

Persiapan Sebelum Berangkat Ke Dokter Anak Terpercaya

5 Persiapan Sebelum Membawa Si Kecil Ke Klinik Spesialis Anak

  1. Siapkan Kronologi Keluhan

Umumnya para orang tua akan membawa si kecil ke dokter specialist anak ketika mereka mengeluh sakit. Jangan hanya mendengar keluhan yang dilontarkannya semata, sebab Anda harus mengetahui berapa lama mereka menahan rasa sakit tersebut lalu catat gejala yang dialaminya. Mulai dari gejala seperti nafsu makan menurun hingga demam perlu masuk dalam catatan penting.

Keluhan tersebut nantinya sangat membantu dokter mendiagnosa penyakit yang diderita. Usai mengetahui jenis penyakit yang dideritanya, otomatis dokter bisa memberikan penanganan secepat mungkin. Sedangkan anak yang sudah pernah berkunjung ke dokter anak umumnya memiliki catatan rekam medis yang membantu dokter mendapatkan informasi kesehatannya.

 

  1. Mencari Klinik Ramah Anak

Carilah klinik spesialis anak yang ramah bagi si kecil, yang dalam artian memiliki staf medis yang dapat berinteraksi dan terlatih dalam menghadapi anak anak dan dilengkapi sejumlah fasilitas bernuansa khas anak anak. Pelayanan dan fasilitas ini membantu si kecil tetap tenang dan merasa nyaman ketika harus mengantri untuk diperiksa.

 

  1. Mengalihkan Perhatiannya

Umumnya Anda harus sabar menunggu antrian karena banyaknya pasien yang datang untuk rujuk ke klinik anak. Jika Anda mendapatkan antrian panjang, otomatis hal ini membuat si kecil mudah bosan dan merasakan sakit lebih lama dari yang dibayangkannya. Dalam kondisi tersebut, tidak dapat dipungkiri jika mereka mulai merengek dan menangis tiada henti.

Anda perlu mengalihkan perhatiannya beberapa saat agar tangisannya tidak pecah kembali. Pengalihan perhatian juga membantu mereka tetap rileks ketika mendengar jeritan anak lainnya yang terlebih dahulu diperiksa oleh sang dokter. Pengalihan perhatian dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya mengajaknya bermain atau memberikan cemilan kesukaannya.

 

  1. Mencari Dokter Ramah Anak

Anda perlu mencari dokter ramah anak, karena pada umumnya mereka takut bertemu dengan dokter karena dianggap sebagai sosok menakutkan. Dokter ramah anak dapat dilihat dari cara dokter berinteraksi dengan para pasien kecilnya, dan mengajaknya untuk tidak takut selama proses pemeriksaan berlangsung.

 

  1. Menjelaskan Kenapa Mereka Harus Bertemu Dokter

Kadangkala si kecil merasa tegang dan ketakutan begitu Anda mengajak mereka berkunjung ke klinik spesialis anak. Kondisi ini wajar terjadi, sehingga Anda perlu menjelaskan dan memberikan pemahaman pentingnya bertemu dengan dokter tersebut. Bahkan Anda bisa mengatakan bahwa dokter dapat membuat tubuhnya lebih sehat dan kuat untuk merayunya.

Mengajak si kecil berkunjung ke dokter anak bukanlah hal yang mudah. Sebab mereka berpikir bahwa dokter merupakan orang yang menakutkan untuk ditemui. Tidak jarang pula ajakan ini berujung drama karena si kecil menolaknya mentah mentah meski mereka sakit sekalipun. Oleh sebab itu, penting mempersiapkan beberapa hal sebelum berkunjung kesana.

Comments are closed.